Review Teknologi: ASUS X441U, Laptop Tampan Nan Elegan

Bismillah….
Sudah setahun gue menggunakan laptop ASUS X441U Series dalam bidang pekerjaan ketik-mengetik. Laptop tampan tersebut gue beli di BEC (Bandung Electronic Centre) dengan harga 5 jutaan. Laptop buatan ASUSTek Computer Inc. tersebut sudah gue anggap sebagai belahan jiwa.
Mengapa? Karena dialah yang selalu menemani dan membantu gue ketika ada pekerjaan, menulis konten blog, mengedit foto, browsing, dan bermain game. Pokoknya, laptop ASUS X441U Series ini adalah pacar ketiga gue setelah Playstation 1 dan Playstation 2.
Spesifikasi yang dimiliki laptop tersebut yakni didukung dengan sistem operasi Windows 10 Pro, processor Intel Core i3-6006U CPU dengan 2.00 Ghz dan 1.99 Ghz, RAM berkapasitas 4 GB, Hard Disk Drive berkapasitas 500 GB, sistem tipe 64 bit, dan tanpa layar sentuh. Selain itu, laptop ini didukung VGA Intel (R) HD Graphics 520, monitor Generic PnP, dan speaker bersuara jernih dengan teknologi Realtek High Definition Audio.
Laptop ASUS X441U Red, tampan nan elegan. Sumber: reviewlaptop-id.com
Laptop ASUS X441U Series yang gue beli tersebut berwarna merah marun dengan garis vertikal semu metalik. Warna tersebut adalah pilihan nyokap, karena beliau adalah pencinta warna merah. Tadinya, gue mau membeli laptop berwarna hitam. Tetapi, warna hitam hanya tersedia pada laptop ASUS X441U Series ber-VGA AMD. Karena gue lebih suka desain laptop yang ber-VGA Intel, maka gue pilihlah laptop ini.
Laptop ASUS X441U Series juga didukung oleh bermacam fitur teknologi terkini, yakni 1) Ultra-Light portable lightweight design, yaitu kualitas warna dan kecerahan yang lebih jelas, tajam, dan realistik; 2) Tavel Distance 2.3 mm of key travel, yaitu tombol keyboard yang memiliki sensasi nyaman dan empuk ketika sedang digunakan; 3) Vivid Visuals stunning sharp 150% better contrast, yakni tingkat ketajaman atau kontras yang lebih baik; dan 4) Sonic Master immersive audio experience, yaitu kualitas suara yang dihasilkan terdengar lebih jelas, jernih, dan nyaman di telinga.
Beberapa fitur di dalamnya, canggih bukan? Sumber: pribadi
Setelah kurun waktu setahun gue menggunakan laptop ASUS X441U Series, maka dapat gue review bahwa laptop tersebut memiliki kinerja atau performa yang mantap. Selain itu, laptop ini pun memiliki body desain yang tampan, elegan, dan kekinian. Kamu bakal pede jika membawa laptop ASUS X441U Series ke cafe, restoran, dan tempat tongkrongan.
Menurut gue, laptop futuristik tersebut sangat nyaman di bagian keyboard dan kualitas grafis yang super keren. Keyboard pada laptop ini terkesan empuk, nyaman di jari, dan jarak antartombol yang agak lega, sehingga tidak ada istilah jemari terkilir. Grafis pada laptop ini pun sangat bagus, terlebih jika kamu suka menonton film atau menonton video klip. Kualitas gambar yang dihasilkan amat memanjakan para penggunanya.
Dipacu dengan processor Intel Core i3 yang bertenaga. Sumber: pribadi
Didukung Intel Core i3-6006U CPU dan RAM berkapasitas 4 GB, laptop ini nggak ada istilah lemot, lamban, atau lelet. Pokoknya, laptop ASUS X441U Series ini bakal lancar jaya selagi menjalankan aplikasi kantoran, misalnya Microsoft Office. Laptop ini pun tidak bising dan tidak menimbulkan suara ketika digunakan. Suara dari kipas pendingin akan timbul jika sedang menjalankan aplikasi berat, mengedit video, dan multitasking.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, laptop tampan ini amat cocok untuk kerja kantoran semisal Microsoft Office; Word, Excel, Powerpoint, dan sebagainya. Selain itu, laptop buatan Tiongkok ini juga bagus untuk mengedit foto atau video, namun kurang cocok untuk bermain game, utamanya game kekinian.
Logo ASUS yang terkesan prima. Sumber: pribadi
Di samping beberapa sentimen positif yang telah gue paparkan di atas, laptop menawan ini pun terdapat satu kekurangan oleh pendapat sebagian orang. Kekurangan tersebut adalah tombol power yang berkumpul dengan tombol-tombol keyboard yang lain dan bersampingan dengan tombol delete.
Menurut sebagian orang, hal tersebut merupakan desain yang gagal. Karena lazimnya, tombol power pada laptop harus terpisah dan terletak di bagian atas keyboard. Tetapi, menurut gue hal itu bukanlah desain yang gagal, melainkan suatu inovasi yang telah dicoba oleh ASUS. Meskipun gue juga meyakini bahwa tombol power berdekatan dengan tombol delete amatlah berisiko bagi kinerja kita sebagai brainware. Namun, buat hal itu nggak jadi masalah jika kita dapat menggunakannya secara telaten, baik, dan berhati-hati.
Laptop ini cocok dibawa-bawa ke mana saja. Sumber: pribadi
Dengan demikian, gue kasih skor akhir atau nilai akhir untuk laptop ASUS X441U Series dengan nilai 80. Jadi buat kamu yang hidup di era digital, nggak ada salahnya untuk membeli atau minimal mencoba laptop ASUS X441U Series ini. Terlebih, buat kamu yang bekerja atau berkutat di bidang seni kreatif kayak gue (blogger), youtuber, vlogger, fotografer, atau editor, maka laptop ini dapat menjadi alternatif untuk mendukung pekerjaanmu menjadi semakin lebih baik.

Komentar