Inilah Berbagai Keutamaan Muazin! Wow, Ternyata Amat Besar Fadilahnya!

Bismillah….

Azan adalah pengumuman telah masuknya waktu salat wajib dengan lafaz-lafaz yang khusus. Orang yang mengumandangkan azan disebut sebagai muazin. Muazin, terkadang suka dianggap remeh atau sepele oleh sebagian orang, khususnya orang yang belum tahu mengenai keutamaan sebagai muazin. Padahal, seorang muazin kedudukannya cukup spesial di sisi Allah Yang Maha Besar. Adapun, beberapa manfaat (fadilah) sebagai seorang muazin yaitu sebagai berikut:

1.      Mendapat Keutamaan Besar

Hal ini terdapat pada sebuah hadis bersumber dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Sallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda, “Andaikata orang-orang mengetahui keutamaan besar yang terdapat dalam azan dan shaf (baris) pertama dalam salat, niscaya mereka akan mengundinya karena banyaknya orang yang menginginkannya. Andaikata orang-orang tahu keutamaan bersegera menunaikan salat Zuhur, nicaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya; dan andaikata mereka tahu keutamaan dalam salat Isya dan salat Subuh, niscaya mereka akan berangkat untuk menunaikannya walaupun dengan merangkak.” (H. R. Bukhari dan lainnya).

2.      Paling Besar Keutamaannya di Akhirat

Hal ini tercantum pada sebuah hadis bersumber dari Muawiyah bahwasanya Rasulullah Sallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya muazin adalah orang yang ‘paling panjang lehernya’ pada hari kiamat.” (H. R. Ahmad, Muslim, dan Ibnu Majah).

3.      Diberikan Ampunan dan Pahala

Hal ini termaktub pada sebuah hadis bersumber dari Bara’ bin ‘Azib, bahwasanya Nabi Muhammad Sallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya, Allah dan para malaikat bersalawat bagi shaf pertama dalam salat, dan memberikan ampunan bagi muazin sebanyak suara yang ia ucapkan, dan membenarkan bagi siapa saja yang mendengarnya, dan akan diberikan pahala sebanyak pahala orang yang salat bersamanya.” (H. R. Ahmad dan Nasa’I dengan sanad hasan jayid).

Ilustrasi

4.      Tidak Akan Dikuasai oleh Setan

Hal tersebut berdasarkan Abu Darda, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Sallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda, ‘Tidaklah ada tiga orang yang tidak menyerukan azan dan mendirikan salat, melainkan setan telah menguasai mereka.’” (H. R. Ahmad).

5.      Diberi Petunjuk dan Ampunan

Hal ini terkutip pada hadis bersumber dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah Sallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda, ‘Imam adalah seorang penanggung jawab dan muazin adalah seorang yang diberi kepercayaan. Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada para imam dan ampunilah para muazin.’” (H. R. Abu Dawud).

6.      Muazin Akan Dimasukkan ke Surga

Hal ini termaktub pada hadis yang bersumber dari Uqbah bin Amir, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Sallallahu ‘Allaihi Wasallam bersabda, ‘Allah Azza Wa Jalla kagum pada seorang gembala kambing di lereng gunung yang menyerukan panggilan salat, kemudian ia salat.’ Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah hambaku ini, ia menyeru untuk salat dan ia salat karena takut pada-Ku! Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku ini dan Aku akan memasukkannya ke surga.’” (H. R. Ahmad, Abu Dawud, dan Nasa’i).

Masya Allah, La Quwwata Illa Billah Allahumma Barik ‘Alaih. Ternyata, ada banyak keutamaan menjadi seorang muazin. Selama ini, stereotip (anggapan) masyarakat mengenai muazin terkadang suka dianggap “sebelah mata”. Namun, setelah kita membaca poin-poin di atas, sejatinya kita jadi paham, bahwasanya menjadi seorang muazin adalah suatu pekerjaan yang amat membanggakan. Oleh karena itu, semoga kita sebagai kaum muslimin yang dirahmati Allah, seyogyanya untuk terus belajar atau mencari tahu keutamaan-keutamaan yang terdapat pada setiap amal ibadah atau amal saleh yang telah disyariatkan oleh agama Islam. Insya Allah. Barakallahu fiikum….

Alhamdulillah….

Sumber: Buku Fiqih Sholat Panduan Lengkap Sholat Seperti Nabi; Sederhana dan Mudah Dimengerti Menjadi Rujukan Jutaan Orang di Seluruh Dunia karya Syaikh Sayyid Sabiq.

Komentar